ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUNJUNGAN PASIEN JKN DI POLI RAWAT JALAN RSUD DR. FAUZIAH BIREUEN
Abstrak
Di Indonesia, dana kapitasi untuk pembayaran layanan kesehatan diperoleh dari premi peserta JKN yang sebagian cara pembayaran layanan kesehatannya melalui kapitasi. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk mengidentifikasi penyebab, dengan mengeksplorasi apa kenyataan yang terjadi di di RSUD Dr. Fauziah Bireuen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Informan kunci yaitu 1 orang Kasi rawat jalan dan rawat inap dan 1 orang perawat di Poli Rawat Jalan serta 6 orang pasien di Poli rawat jalan sebagai informan utama. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 informan rata-rata jawaban mereka adalah : Lokasi rumah sakit mudah di akses karena jalan sudah bagus dengan menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh 1 jam jadi. Dukungan tenaga kesehatan belum optimal karena seringnya dokter tidak berada di tempat dan pelayanan yang di berikan oleh perawat masih belum ramah dan komunikasi belum efektif dan Penyediaan sarana dan prasarana belum optimal maka perlu adanya kebijakan rumah sakit untuk mengadakan sarana prasarana yang belum optimal. Regulasi rujukan berjenjang masih adanya keluhan dari pasien yang beranggapan rujukan tersebut rumit karena tidak bisa berobat langsung ke rumah sakit umum, serta perawat juga menganggap bahwa merasa di rugikan karena penurunan jumlah pasien. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu untuk lokasi rumah sakit sudah terjangkah oleh peserta JKN, untuk tenaga kesehatan rata-rata belum memberikan pelayanan yang optimal, untuk sarana prasarana ketersediaannya juga belum optimal dan untuk sistem rujukan berjenjang yang dijalankan masih membuat pasien JKN sulit untuk dijalankan. Diharapkan masi perlunya Perlu di perhatikan secara khusus indikator-indikator dari aspek pelayanan yang masih belum optimal di berikan oleh dokter maupun perawat dalam melayani pasien agar lebih ditingkatkan kualitas pelayanan.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##