PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP ISLAM COKROAMINOTO LALATANG MAKASSAR
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan hak dankewajiban setiap manusia untuk mengikuti pendidikandansangat erat hubungannya dengan proses belajar yang merupakan sebuah aktivitas mental dan psikisyang dilakukan oleh seseorang yang dapat menimbulkan perubahan perilaku dan pola pikir. Hanya didalam proses belajar sering mengalami berbagai permasalahan yang adasehingga membutuhkan suatu upaya untuk menyikapi, salah satu diantaranya adalah melakukan suatu metode yang dinilai efektifuntuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan Penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran kooperatifmerujuk pada berbagai macam metode pengajaran dimana para siswa bekerjadalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalammempelajari materi pelajaran. Dalam kelas para siswa diharapkan salingmembantu, saling mendiskusikan,untuk mengasah pengetahuan yang merekakuasai saat itu dan menutup kesenjangan dalam pemahaman masing-masing.
Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam
meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa SMP Islam Cokroaminoto Lalatang Makassar dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa SMP Islam Cokroaminoto Lalatang Makassar.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan cara dalam menerapkan metode Numbered Heads Together (NHT)
agar meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIa di SMP Islam Cokroaminto Lalatang Makassar.
Hasil dari penelitian ini bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SMP Islam Cokroaminoto Lalatang
Makassar memberikan dampak yang baik. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil penelitian dengan menggunakan metode
Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SMP Islam Cokroaminoto Lalatang Makassar, yaitu kelebihan metode ini adalah tingginya semangat siswa yang ingin belajar. Adapun kekurangan metode ini adalah menggunakan banyak waktu sedangkan metode ini diterapkan oleh peneliti pada saat COVID-19 dimana adanya keterbatasan siswa untuk hadir secara tatap muka.