TANTANGAN PENDIDIKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PROGRESIF DAN DEMOKRATIS

  • sahrul syawal Universitas Indonesia Timur
  • bahartiar bahartiar Universitas Muhammadiyah Kendari
Keywords: progresif, pendidikan sumber daya manusia, demokratis

Abstract

Pendidikan progresif yang demokratis menghendaki suatu perencanaan pendidikan dan kurikulum atas prinsip-prinsip yang dinamis dan demokratis, bukan pola-polastatis. Apa yang mereka butuhkan dalam kurikulum ialah mendorong perkembangan pribadi yang meliputi perkembangan minat, berfikir dan kemampuan praktis. Dalam hal ini filsafat progresivisme ingin membentuk keluaran (output) yang dihasilkan dari pendidikan sekolah yang memiliki keahlian dan kecakapan (skill) yang langsung dapat diterapkan di masyarakat luas. Pendidikan progresivisme yang demokratis menghendaki bentuk yang bervariasi dan isi kurikulum yang kaya nilai moral, serta pemerataan dalam pendidikan.

Published
2019-07-26
How to Cite
syawal, sahrul, & bahartiar, bahartiar. (2019). TANTANGAN PENDIDIKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PROGRESIF DAN DEMOKRATIS. PENDAIS, 1(01), 69-82. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/207
Section
Articles