Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Rumah Jahit Akhwat Makassar
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Rumah Jahit Akhwat Makassar (Study Banding Pada Toko RJA Cabang Perintis dan Alauddin) jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka-angka yang dihitung, yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah 100 konsumen Rumah Jahit Akhwat cabang Perintis dan Alauddin Makassar , penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode slovin dengan hasil perhitungan adalah 50 orang responden. Analisispenelitian ini adalah Regresi Linear Berganda.Analisis ini digunakan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh variabel bebas yaitu kualitas produk dan harga (X1 dan X2), terhadap variabel terikatnya yaitu loyalitas pelanggan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas produk berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko RJA Makassar. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko RJA Makassar. Kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko RJA Makassar dengan besar pengaruh 69,10%.
Referensi
Ariani, Wahyu, Dorothea. 2014. Manajemen Kualitas. repository.ut.ac.id.22 Agustus 2019
Bachriansyah, Amalina, Risky. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk
Daya Tarik Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Study Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang).eprints.undip.ac.id. 22 Agustus 2019
Dewi, R. 2018. Latar Belakang Melihat Persaingan Bisnis Di Era Bisnis Semakin Ketat. eprints.unm.ac.id. 8 Februari 2020
Erniati. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terhadap Loyalitas
Pelanggan Charles Dan Keith Makassar. Skripsi: Universitas Indonesia Timur Makassar
Fardiani, Nia, Aprilia. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga,Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery Dan Cafe Pandanaran Semarang. eprints.undip.ac.id. 24 Agustus 2019
Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Cetakan Kedua Belas. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Mania, Sitti. 2017. Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan
Dan Pengajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Vol. 11: 2
Nurmasari, Selvy. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survey Pada Tamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6: 2
Pratiwi, Ika, Dinar. 2010. Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas
Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited Di Semarang. eprints.undip.ac.id. 22 Agustus 2019
Putri, Larasati, Yulia dan Utomo, Hardi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti. Vol.10: 19
Pujihastuti, Isti. 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. Vol. 2: 1
Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Klasifikasi Dan Tingkatan Produk. https://www.kajianpustaka.com. 17 September 2019
Samiran, Setiawati. 2017. Pengaruh Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada The Icon Café and Resto Palopo. Skrispsi: Universitas Indonesia Timur
Sembiring, Jenita Inka dan Suharyono. dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Study Pada Pelanggan Mc Donald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15: 1
Simamora, Bilson. 2015. Pemasaran Strategik. Edisi Kesatu. Cetakan Kedelapan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi
Toding K, Morin. 2017. Hubungan Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop. Skirpsi: Universitas Indonesia Timur Makassar
Utami, Putri, Ruri dan Saputra, Hendra. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan. Vol. 6: 2