The Effect of Product Quality and Price on Customer Loyalty at Akhwat Makassar Sewing House Shop

Main Article Content

Akbar Akbar
Nurhaedah Nurhaedah

Abstract

The purpose of the study was to determine the effect of product quality and price on customer loyalty at the Akhwat Makassar sewing house shop (Comparative Study at the RJA Store, Perintis and Alauddin branches). , obtained from the questionnaire. The population of this study was 100 consumers of the Akhwat Sewing House of the Perintis branch and Alauddin Makassar. The sampling in this study used the slovin method with the calculation results were 50 respondents. The analysis of this research is Multiple Linear Regression. This analysis is used to determine how much influence the independent variables, namely product quality and price (X1 and X2), have on these variables, namely customer loyalty (Y). The results showed that product quality had a positive and insignificant effect on customer loyalty at the RJA Makassar Store. Price has a positive and significant effect on customer loyalty at the RJA Makassar Store. Product quality and price have a positive and significant effect on customer loyalty at the RJA Makassar Store with a large influence of 69.10%.

Article Details

How to Cite
Akbar, A., & Nurhaedah, N. (2021). The Effect of Product Quality and Price on Customer Loyalty at Akhwat Makassar Sewing House Shop. Economy Deposit Journal (E-DJ), 3(1), 96-103. https://doi.org/10.36090/e-dj.v3i1.1101
Section
Articles
Author Biography

Akbar Akbar, Universitas Indonesia Timur

Fakultas Ekonomi

Prodi Manajemen dan Akuntansi

Universitas Indonesia Timur

References

Abdullah, Thamrin Dan Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan Kesatu. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Ariani, Wahyu, Dorothea. 2014. Manajemen Kualitas. repository.ut.ac.id.22 Agustus 2019

Bachriansyah, Amalina, Risky. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk
Daya Tarik Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Study Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang).eprints.undip.ac.id. 22 Agustus 2019

Dewi, R. 2018. Latar Belakang Melihat Persaingan Bisnis Di Era Bisnis Semakin Ketat. eprints.unm.ac.id. 8 Februari 2020

Erniati. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terhadap Loyalitas
Pelanggan Charles Dan Keith Makassar. Skripsi: Universitas Indonesia Timur Makassar

Fardiani, Nia, Aprilia. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga,Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery Dan Cafe Pandanaran Semarang. eprints.undip.ac.id. 24 Agustus 2019

Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Cetakan Kedua Belas. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Mania, Sitti. 2017. Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan
Dan Pengajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Vol. 11: 2

Nurmasari, Selvy. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survey Pada Tamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6: 2

Pratiwi, Ika, Dinar. 2010. Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas
Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited Di Semarang. eprints.undip.ac.id. 22 Agustus 2019

Putri, Larasati, Yulia dan Utomo, Hardi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti. Vol.10: 19

Pujihastuti, Isti. 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. Vol. 2: 1

Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Klasifikasi Dan Tingkatan Produk. https://www.kajianpustaka.com. 17 September 2019

Samiran, Setiawati. 2017. Pengaruh Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada The Icon Café and Resto Palopo. Skrispsi: Universitas Indonesia Timur

Sembiring, Jenita Inka dan Suharyono. dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Study Pada Pelanggan Mc Donald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15: 1

Simamora, Bilson. 2015. Pemasaran Strategik. Edisi Kesatu. Cetakan Kedelapan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi

Toding K, Morin. 2017. Hubungan Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop. Skirpsi: Universitas Indonesia Timur Makassar

Utami, Putri, Ruri dan Saputra, Hendra. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan. Vol. 6: 2