The Influence Of Information Quality, Tax Service Information, And Perceived Ease Of Use On Personal Taxpayer Compliance At Kpp Makassar Pratama Utara)

Main Article Content

Mahyudin Usman
Muhammad Shaleh Z

Abstract

Penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Tujuan penelitian ini adalah pengujian hipotesis (hypothesis testing) untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi pajak, informasi pelayanan pajak dan persepsi kemudahan kegunaan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling atau sampel yang diambil secara acak dengan menghampiri setiap orang yang berada dalam lokasi yang sama. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh langsung dari para wajib pajak orang pribadi. Data ini berupa kuesioner yang telah diisi oleh para wajib pajak orang pribadi yang menjadi responden dalam penelitian ini, sedangkan data sekunder diperlukan dalam penelitian ini sebagai pendukung penulisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas informasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Adapun kualitas pelayanan pajak dan persepsi kemudahan kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Ini menunjukan kualitas informasi tidak memberikan kontribusi yang berarti ketimbang pelayanan dan persepsi kemudahan kegunaan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat pelayanan pajak dan  persepsi kemudahan kegunaan maka semakin tinggi tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi sedangkan tingginya tingkat kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KKP Pratama Makassar Utara.

Article Details

How to Cite
Usman, M., & Z, M. (2019). The Influence Of Information Quality, Tax Service Information, And Perceived Ease Of Use On Personal Taxpayer Compliance At Kpp Makassar Pratama Utara). Economy Deposit Journal (E-DJ), 1(2), 24-32. https://doi.org/10.36090/e-dj.v1i2.594
Section
Articles

References

Arikunto, Suhasimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.Mamik.2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ekonomi. Tahun XX, No. 1 April 2010.
Muhammad Dzulkifli. 2013.Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Direktorat Budidaya dan Pascapanen Florikultura Pasar Minggu Jakarta Selatan). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Parwono.2006.Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.Tesis. STIE-AUB Surakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.Soeprihanto, John. 2007. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan.Yogyakarta: PT. PBFE .
Saleh, H., & Satriyani, S. (2019). Analisis Kinerja Keuangan PT. Arita Prima Indonesia Tbk (APII). Economy Deposit Journal (E-DJ), 1(1), 25-32.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-5. Bandung:Alfabeta.
Veithzal,Rivai dan Ella Jauvani Sagala. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Cet ke 3. Jakarta: Rajawali Pers.Undang-UndangNo. 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian Jo. UU No. 43 Tahun 199