PENINGKATAN MUFRADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE BERNYANYI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Oleh karena itu penelitian ini berfokus kepada penelitian tindakan yang terjadi di kelas dengan tahapan pelaksanaan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pokok permasalahan PTK ini adalah bagaimana meningkatkan penguasaan mufradat (kosa kata) peserta didik di kelas VII -2 MTs N 1 kota Makassar setelah pelaksanaan pembelajaran dengan metode bernyanyi
Penelitian ini mengambil lokasi di MTsN 1 kota Makassar kelas VII dengan jumlaj peserta didik sebanyak 40 0rang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan partisipasif, dengan metode partisipasif dan tes. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik sederhana.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peningkatan penguasaan mufradat peserta didik terlihat dari yang semula persentasen sebelum tindakan 77,7 persen (%) meningkat menjadi 81,1 persen (%) pada siklus I, pada siklus II lebih meningkat menjadi 86,27 persen (%). Berdasarkan hal tersebut penguasaan mufradat peserta didik mencapai peningkatan yang sempurna setelah siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan peserta didik melebihi target yang ditentukan yaitu 80 persen (%). Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak madrasah memperhatikan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab, sebagai salah satu upaya mempertinggi proses interaksi peserta didik dengan guru, dan interaksi peserta didik dengan lingkungan belajarnya. Selanjutnya kepada calon peneliti yang lain agar dapat melanjutkan penelitian ini lebih jauh tentang metode bernyanyi. Dan diharapkan kontribusi yang signifikan dalam pencapaian tujuan pembelajaran