EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
ABSTRAK
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam kegiatan pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran, termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang mutlak harus dimiliki setiap guru.Secara istilah, terdapat beberapa pengertian yang dirumuskan oleh para pakar. Namun,dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu (tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek) berdasarkan pertimbangan dan kreteria tertentu dalam rangka untuk membuat suatu keputusan. Bila kata tersebut dihubungkan dengan kata pembelajaran, maka pengertiannya adalah suatu proses untuk menentukan jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran.Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, paling tidak ada tiga syarat yang harus terpenuhi, yaitu valid, handal dan pratis. Sedangkan petunjuk dalam menyusun test/alat evaluasi adalah tes tersebut harus memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang baik. Adapun teknik evaluasinya adalah adalah teknik tes dan teknik nontes.