IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS II MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan sistem kehidupan masyarakat berubah termaksud sistem pendidikan mengalami dampak adanya pandemi tersebut. Proses pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pemanfaatan media online untuk mencegah penyebaran virus corona. Banyak kendala dan tantangan yang dihadapi oleh guru maupun siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut sehingga berdampak pada mutu pendidikan siswa pada pelajaran Akidah Akhlak.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti membuat rumusan masalah berikut: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran daring terhadap mutu Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar? (2). Bagaimana upaya guru meningkatkan mutu Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1). Untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring terhadap mutu Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar. (2). Untuk mengetahui upaya guru meningkatkan mutu Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Implementasi pembelajaran daring dirasa belum efektif sebab guru sulit memantau perkembangan siswa dalam belajar, guru maupun siswa belum memiliki kemampuan yang optimal dalam menggunakaan teknologi, kouta yang terbatas dan jaringan yang kurang lancar sehingga ada keterbatasan bagi guru untuk membangun komunikasi dengan siswa. (2). Upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Makassar adalah memanfaatkan secara optimal media pembelajaran yang ada untuk share bahan ajar, KI/KD, jadwal kelas dan memonitoring siswa secara langsung melalui group kelas, menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, dan mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan sebaik-baiknya sehingga memudahkan siswa dapat mengerti dan memahami dengan baik materi yang diajarkan.