Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 11 Lubuk Linggau Melalui Model Cooperatif Learning
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap apakah melalui pembelajaran Cooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3b SDN 11 Lubuk Linggau pada materi senangnya belajar Q.S.an-Nasr. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan hasil tindakan dan melakukan refleksi dari hasil pengamatan. Setiap siklus menggunakan pembelajaran Cooperatif Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan rata-rata hasil tes siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 71 dan pada siklus II nilai rata-rata diperoleh siswa meningkat menjadi 85,89. Ini berarti telah terjadi peningkatan terhadap nilai rata-rata siswa sebesar 32,42%. Dan persentase ketuntasan yang diperoleh di siklus dua sebesar 85,89% siswa yang memperoleh nilai ≤ KKM (65), Sehingga dapat disipulkan bahwa pembelajaran menggunakan Cooperative Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3b SDN 11 Lubuk Linggau pada materi senangnya belajar Q.S.an-Nasr