MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING
Abstract
Abstrak
Penerapan sistem pembelajaran dengan mengunakan model yang baik dan tepat akan memberikan suatu aktifitas belajar yang lebih baik bagi peserta didik. Oleh karena itu, proses pembelajaran dengan mengimplemtasikan model quantum learning diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang baik agar keaktifan belajar meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar melalui model quantum learning terhadap peserta didik kelas III SD Inpres Borong Pa’la’la. Jenis penelitian ini adalah Pwnwlitian tindakan Kelas (PTK). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas III Sekolah Dasar Inpres Borong Pa’la’la Kab Gowa sebanyak 14 peserta didik. Pada siklus I peserta didik mendapatkan nilai ≥ 60 sebanyak 48%, indikator keberhasilan belum mencapia target yang ditetapkan yaitu ≥75% sedangkan pada siklus II peserta didik mendapatkan nilai ≥60 sebanyak 92%, hal ini mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan yaitu ≥75%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model quantum learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di SD Inpres Borong Pa’la’la Kab. Gowa