PENINGKATAN BACA TULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAGHDADIYAH
PENINGKATAN BACA TULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAGHDADIYAH
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran membaca Al-Qur'an adalah sumber dari segala sumber ajaran Islam yang mencakup segala aspek kehidupan manusia. Salah satu problem yang cukup mendasar adalah kondisi objektif umat Islam dewasa ini, salah satunya adalah buta akan pembelajaran membaca Al-Qur'an yang menunjukkan indikasi prestasi menurun, hal ini perlu segera diatasi. Seiring dengan tuntutan tersebut, metode atau strategi pembelajaran membaca Al- Qur’an adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil dan digunakan metode pembelajaran yang tepat agar anak lebih senang dan gemar untuk selalu belajar membaca Al-Qur-an.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimaan Apakah penggunaan metode Bagdadiyah pada peserta didik mampu meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an? Serta Bagaimana peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an peserta didik di Kelas 2 (dua) Sekolah Dasar Negeri 1(satu) Bontorannu Makassar melalui metode Bagdadiyah?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, atau disebut juga CAR (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan kelas juga dapat dipahami sebagai jenis penelitian kualitatif sederhana,
Peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an peserta didik di Kelas 2 (dua) Sekolah Dasar Negeri 1(satu) Bontorannu Makassar melalui metode Bagdadiyah Yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian penulis mengolah dan menganalisis data tersebut sehingga diperoleh peningkatan kelancaraN membaca Al- Qur’an dengan metode Baghdadiyah memakai 2 siklus maka diperoleh hasil perbandingan sebelum menggunakan metode baghdadiyah pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 67,5 pada siklus 2 meningkatkan signifikan menjadi rata-rata80,6. Sehingga sudah bisa dikatakan bahwa metode baghdadiyah yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 1 Bontomarannu Makassar berhasil.