ASAS PENDIDIKAN ISLAM

ASAS PENDIDIKAN ISLAM

  • damis dahlan Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

 

Setiap usaha, kegiatan dan tindakan yang disengaja untuk mencapai suatu tujuan, harus mempunyai landasan tempat berpijak yang baik dan kuat. Oleh karena itu, pendiidkan Islam sebagai suatu usaha membentuk manusia sesuai ajaran agama Islam, maka harus mempunyai landasan ke mana semua kegiatan dan semua perumusan tujuan pendidikan Islam itu dihubungkan. Secara bahasa, kata ”asas” bermakna (1) dasar (sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat); (2) dasar cita-cita (perkumpulan atau organisasi); dan (3) hukum dasar. Dasar adalah pangkal tolak suatu aktivitas. Di dalam menetapkan dasar suatu aktivitas, manusia selalu berpedoman kepada pandangan hidup dan hukum-hukum dasar yang dianutnya, karena hal ini yang akan menjadi pegangan dasar di dalam kehidupannya. Fungsi dasar ialah memberikan arah kepada tujuan yang akan dicapai. Setiap negara mempunyai dasar pendidikannya sendiri. Ia merupakan cerminan falsafah hidup suatu bangsa dan negara. Berdasarkan kepada dasar itulah pendidikan suatu bangsa disusun. Pendidikan Islam sebagaimana diketahui adalah pendidikan yang dalam pelaksanaannya berdasarkan pada ajaran agama Islam, maka asas pendidikan Islam adalah akidah Islam. Asas pendidikan Islam inilah yang akan berpengaruh dalam penyusunan kurikulum pendidikan, sistem belajar mengajar, kualifikasi guru/dosen, budaya yang dikembangkan dan interaksi di antara semua komponen penyelenggara pendidikan. Jadi, perbedaan pendidikan Islam dengan pendidikan lainnya, ditentukan oleh adanya dasar atau asasnya. Jika pendidikan lainnya didasarkan pada pola pemikiran yang sekuler dan imperistik semata, maka pendidikan Islam selain menggunakan pertimbangan rasional dan data empiris, juga berdasarkan pada al-Quran, al-Sunnah, pendapat ulama, serta warisan sejarah.

Published
2024-08-18
How to Cite
dahlan, damis. (2024). ASAS PENDIDIKAN ISLAM. PENDAIS, 5(2), 99-106. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1409
Section
Articles