STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SYEKH MUHAMMAD JA’FAR

STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SYEKH MUHAMMAD JA’FAR

  • NURHAYATI NURHAYATI Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini membahas tentang Strategi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Ja’far. Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ialah: Strategi, Faktor Pendukung dan Penghambat, serta Upaya mengatasi faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di pondok Pesantren Syekh Muhammad Ja’far.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi menghafal Al-Qur’an yang digunakan oleh santri di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Ja’far adalah Tidak beralih kepada ayat lain sebelum ayat yang sedang dihafalnya lancar yang lebih diminati bagi santri dengan hafalan Al-Qur’an 10 juz ke atas dan membaca satu halaman berulang kali terlebih dulu baru menghafalkan perayat lebih diminati bagi Santri  dengan  hafalan  Al-Qur’an  5  Juz.  2)  faktor pendukung  santri  meliputi: Motivasi dari diri sendiri dan motivasi dari luar diri. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: Tidak bisa membagi waktu, rasa malas, masalah kesehatan, dan goyahnya rasa percaya diri. 3) upaya santri dalam mengatasi faktor penghambat yaitu: manajemen waktu, melawan rasa malas, memanfaatkan waktu istirahat, dan memotivasi diri.. Strategi Menghafal Al-Qur’an sangat urgen untuk memberikan  panduan penting bagi para penghafal kitab suci Al-Qur’an, serta  memberikan landasan yang kokoh bagi para penghafal untuk melangkah dengan yakin dan terarah dalam proses menghafal Al-Qur’an.

Published
2024-08-24
How to Cite
NURHAYATI, N. (2024). STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SYEKH MUHAMMAD JA’FAR. PENDAIS, 6(1), 18-40. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1410
Section
Articles