Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
“Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
ABSTRAK
Model pembelajaran Explicit Instruction merupakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran ini dirancang khusus untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebagai penunjang pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Batulaccu Makassar? (2) Bagaimana Bentuk Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama di SDN Batulaccu Makassar? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Explicit Instruction pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Batulaccu Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tehnik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Batulaccu Makassar (1) Model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran pendidikan agama islam dianggap sangat efektif oleh peserta didik. (2) Penerapan model pembelajaran langsung (Explicit Instruction) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Batulaccu Makassar telah berjalan dengan baik. Meski hal yang kerap kali menjadi kendala adalah dari segi ketersediaan waktu yang cukup terbatas sehingga setelah guru melakukan penjelasan verbal kemudian memperagakan, peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan latihan sendiri seringkali tidak secara keseluruhan. Sehingga dalam hal ini pihak guru menyiasatinya dengan membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.