Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

“Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • damis dahlan Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

 

Model pembelajaran Explicit  Instruction   merupakan   model   pembelajaran langsung. Model pembelajaran ini dirancang khusus untuk meningkatkan aktivitas siswa   dalam   proses   pembelajaran   sebagai   penunjang   pengetahuan   dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Batulaccu Makassar? (2) Bagaimana Bentuk Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama di SDN Batulaccu Makassar? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Explicit Instruction pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Batulaccu Makassar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian   dianalisis   menggunakan   tehnik   analisis   kuantitatif   dan   analisis kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan   model   pembelajaran   Explicit   Instruction   pada   mata   pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Batulaccu Makassar (1) Model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran pendidikan agama islam dianggap sangat efektif oleh peserta didik. (2) Penerapan model pembelajaran langsung (Explicit Instruction) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Batulaccu Makassar telah berjalan dengan baik. Meski hal yang kerap kali menjadi kendala adalah dari segi ketersediaan waktu yang cukup terbatas sehingga setelah guru melakukan penjelasan verbal kemudian memperagakan, peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan latihan sendiri seringkali tidak secara keseluruhan. Sehingga dalam hal ini pihak guru menyiasatinya dengan membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.

Published
2024-08-24
How to Cite
dahlan, damis. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. PENDAIS, 6(1), 41-52. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1442
Section
Articles