IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQHI TERHADAP KARAKTER SISWA MADRASAH ALIYAH
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQHI TERHADAP KARAKTER SISWA MADRASAH ALIYAH
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan bukan sekedar formalitas, melainkan sebuah instrumen dalam membentuk karakter suatu generasi serta diharapkan menjadi wadah yang bisa melahirkan individu yang berkompeten. Pendidikan juga mengajarkan serta membimbing manusia untuk bersikap menjadi manusia yang berkarakter. Pendidikan dapat bermakna bahwa mendidik bukan hanya sekedar mengajarkan peserta didik menjadi tahu dan paham akan tetapi sekaligus membentuk dan menanamkan nilai – nilai kepribadian dengan akhlak yang baikdan mulia. Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar berkembang dan tumbuh menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, sehat dan berakhlak (berkarakter) mulia, sebagaimana dijelaskan pada pasal 3 Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran fiqhi terhadap karakter siswa madrasah aliyah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriktif kualitatif yakni proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif dilapangan tanpa adanya manipulasi terhadap data yang dikumpulkan dengan pendekatan yang dilakukan dalam proses pendidikan pengembangan sikap mental dan kepribadian peserta didik dalam menerima materi yang diajarkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran fiqhi terhadap karakter siswa madrasah aliyah dapat memberikan stimulus positif dan ransangan interaksi yang efektif terhadap siswa, terlihat dari cara siswa memberikan respon dan daya tarik yang semakin meningkat dengan baik pada mata pelajaran yang diterima, metode dilakukan dalam dua tahap yang pertama adalah membuat rancangan perencanaan pembelajaran fiqhi dengan mencantumkan beberapa karakter kedalam RPP dan tahap kedua melakukan penerapan atau pelaksanaan pembelajaran dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam setiap kegiatan pembelajaran yang bertujuan membentuk dan mengembangkan karakter siswa.