PENINGKATAN KETERAMPILAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KELAS IV B DI UPT SPF SD INPRES MANGGALA
PENINGKATAN KETERAMPILAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KELAS IV B DI UPT SPF SD INPRES MANGGALA
Abstract
ABSTRAK
Tidak dapat dipungkiri bahwa sampai saat ini proses pembelajaran disekolah masih cenderung berpusat pada guru. Guru menyampaikan materi-materi pelajaran dan siswa dituntut untuk menghafal semua pengetahuannya. Pembelajaran seperti ini memang terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat dalam jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan masalah dalam kehidupan jangka panjang.
Rumusan masalah adalah: Bagaimana proses penerapan Metode Multimedia Interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV B SD Inpres Manggala?.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah kelas IV B UPT SPF SD Inpres Manggala. Penelitian dilakukan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi) Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini bahwa salah satu bentuk penerapan Metode Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap pelajaran agama islam kelas IV B SD Inpres Manggala adalah memberikan hasil yanh signifikan dengan meningkatkan hasil belajar siswa.