EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING
Abstract
Paradigma masa depan di dalam kecendrungan yang menyeluruh adalah sebuah dorongan pasar multimedia. Dampak kuat dari lahirnya globalisasi akan menghasilkan perubahan dalam pendidikan dan pelatihan. Untuk itulah diperlukan ilmu pendidikan dan metode-metode pembelajaran yang baru. Struktur ketrampilan kejuruan dan pengetahuan mengalami perubahan guna mendukung kegiatan belajar seumur hidup dan belajar berkelanjutan yang berfungsi untuk mempersiapkan para pekerja memenuhi tuntutan atau kepentingan industri. Yang perlu digaris bawahi dari pernyataan ini adalah “Teknologi tinggi hendaknya untuk menjangkau yang tidak terjangkau, dan ketepatan teknologi tinggi adalah apabila infrastrukturnya digunakan secara bijak. Dengan keadaan yang demikianlah, belajar jarak jauh dan pendidikan terbuka/jarak jauh akan menjadi pelopor memasuki dekade baru. Kegiatan pembelajaran jarak jauh sering dikaitkan dengan pembelajaran online atau E-learning. E-learning merupakan suatu metode pembelajaran dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam menyelesaikan masalah-masalah perkuliahan yang tidak dapat diselesaikan di kelas.
.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana efektivitas metode pembelajaran E-Learning?, 2). Faktor apa yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran E-learning? sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1). Efektivitas pembelajaran. E-learning, 2). Faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran E-learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan metode kualitatif yang bersifat dekskriptif adalah sebuah penelitian ilmiah yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam kontak sosial secara alami dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang ingin dibahas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). E-Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dianggap efektif dalam meningkatkan kualitas belajar dan meningkatkan keterampilan digital pendidik dan peserta didik, 2). Faktor yang berpengaruh terhadap efektifitas motode pembelajaran e-learning adalah strategi metode pembelajaran, merancang materi pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan gaya mengajar guru.