PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI
PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI
Abstract
ABSTRAK
Muktiali Jarbi (0903017402) Perspektif Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Indonesia Timur.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang perspektif pendidikan Islam menurut Imam al-Ghazali.
penulisan ini adalah pemikiran dan gagasan salah seorang tokoh dalam bidang pendidikan Islam. Sumber datanya berupa sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data primer tersebut datanya berupa karya al-Ghazali yang berkaitan dengan pendidikan, sedangkan data sekundernya adalah yang berkaitan dengan ilmu lainnya, termasuk juga beberapa karya orang lain yang mengkaji tentang pendidikan. Pengolahan data dilakukan dengan memberi makna pada data yang berhasil dikumpulkan.
Penulisan ini memperlihatkan bahwa pemikiran al-Ghazali tentang pendidikan Islam. Pertama, yaitu (a) Tujuan utama dalam menuntut ilmu adalah untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, maka yang dijadikan landasan utama dalam bidang pendidikan adalah al-Qur’an dan Hadis; (b) Seorang pendidik harus mempunyai niat awal dalam mendidik untuk mendekatkan diri kepada Allah, menjadi tauladan bagi murid- muridnya serta mempunyai kompetensi dalam mengajar; (c) Anak didik dalam belajar harus mempunyai niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjauhi maksiat karena ilmu itu suci dan tidak akan diberikan kepada hal yang tidak suci, menghormati dosen dan rajin belajar dengan mendalami pelajaran yang telah diberikan dosennya; (d) Kurikulum sebagai alat pendidikan harus disesuaikan dengan perkembangan anak didik; (e) Anak didik harus dijauhkan dari pergaulan yang tidak baik, karena lingkungan yang jelek akan mempengaruhi perkembangan anak didik, terutama dilingkungan keluarga, sekolah atau masyarakat. Kedua, bisa disimpulkan bahwa pemikiran al-Ghazali memiliki relevansi dengan pendidikan Islam pada saat ini. Dilihat dari kesesuaian antara teori pendidikan al-Ghazali dengan hal-hal yang telah diterapkan di Perguruan Tinggi Islam. Sekalipun masih banyak teorinya yang belum diimplementasikan dalam dunia pendidikan.