KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AN-NADZIR DI KAMPUNG BUTTA EJAYYA KEL. ROMANGLOMPOA KEC. BONTOMARANNU KABUPATEN. GOWA

  • damis dahlan Universitas Indonesia Timur
Keywords: Peningkatan, Pendidikan formal

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang “Konsep Pendidikan Islam menurut An-Nadzir di kampung Butta Ejayya Kel. Romang Lompoa Kec. Bontomarannu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan”.

Fokus peneliti yang akan diuji dalam  penelitian  1). Apa konsep dasar An-Nadzir ; 20 Bagaimana konsep pendidikan islam menurut An-Nadzir; 3) Apa yang menyebabkan jamaah An-Nadzir tidak memasukkan anak-anak mereka ke dalam sekolah umum.

Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif   (qualitative research). Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verivikasi.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Konsepnya tidak terlepas dari Al-Qur’an dan Hadits, selain dari itu jamaah An-Nadzir mengatakan juga bahwa selain dari al-Qur’an dan hadits mereka mendapatkan petunjuk pada datangnya lailatul qadar. 2). Pendidikan di dalam An-Nadzir sangat berbeda dengan yang formal karena memakai kurikulum tersendiri; 3). Jamaah An-Nadzir hanya mengajarkan beberapa mata pelajaran saja yaitu matematika, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Dan yang paling utama diajarkan adalah bisa membaca dan menghafal al-Qur’an.

Published
2019-07-26
How to Cite
dahlan, damis. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AN-NADZIR DI KAMPUNG BUTTA EJAYYA KEL. ROMANGLOMPOA KEC. BONTOMARANNU KABUPATEN. GOWA. PENDAIS, 1(01), 14-28. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/217
Section
Articles