POLA INTERAKSI ANTARA GURU DAN MURID

TELAAH QS.‘ABASA AYAT 1-4

  • NURHAYATI NURHAYATI Universitas Indonesia Timur
  • APRIANTI WAIDOBA Universitas Indonesia Timur
Keywords: : Interaksi, guru dan Murid

Abstract

ABSTRAK

POLA INTERAKSI ANTARA GURU DAN MURID

(TELAAH QS.‘ABASA AYAT 1-4)

 

Oleh :

Nurhayati1

Pendidikan Agama Islam Universitas Indonesia Timur

[email protected]

 

Aprianti Waidoba2

Pendidikan Agama Islam Universitas Indonesia Timur

[email protected]

Pola Interaksi Antara Guru Dan Murid (Telaah QS. ‘Abasa Ayat 1-4). Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui: 1) Bagaimana penafsiran QS. ‘Abasa ayat 1-4 menurut tafsir al-azhar,tafsir fi zhilalil Qur’an XII dan tafsir Ibnu katsir. 2). Untuk mengetahui pola interaksi antara guru dan murid dalam proses pembelajaran.                  3) Bagaimana etika seorang guru dan murid didalam proses pembelajaran.

   Penelitian ini termaksuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Data penelitian ini terkumpul kemudian dian alisis dengan analisis kualitatifuntuk menggali dan menjelaskan kandungan Surah ‘Abasa ayat 1-4 tentang  pola interaksi antara guru dan murid (telaah QS. ‘Abasa ayat 1-4).

.Allah SWT melarang bermuka masam kepada orang yang datang bertanya, hendaklah bermuka manis terus, sehingga orang-orang yang tengah dididiknya itu merasa bahwa dirinya dihargai. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan Rasuln-Nya untuk tidak mengkhususkan peringatan kepada seseorang, harus adil antara yang kuat dan lemah, besar atau kecil.

Interaksi guru dan murid dalam proses pembelajaran harus sama-sama aktif. Suasana yang penuh kasih sayang dan kondusif  yang  berhasil dibangun dalam sebuah hubungan akan membuat seseorang mampu mengarahkan interaksi tersebut ke arah yang positif. Konsep ini sangat penting dan relevan tidak hanya pada konsep pendidikan masa sekarang tetapi juga pada pendidikan yang akan datang.

Published
2020-03-19
How to Cite
NURHAYATI, N., & WAIDOBA, A. (2020). POLA INTERAKSI ANTARA GURU DAN MURID. PENDAIS, 1(2), 114-128. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/613
Section
Articles