Implementasi Model Muraja‘Ah Sima‘An Intensif Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Santri
Di Markaz Tahfidz Al- Qur’an Ma‘Had Al-Birr Andi Tonro Kabupaten Gowa
Abstract
IMPLEMENTASI MODEL MURAJA‘AH SIMA‘AN INTENSIF DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI
ABSTRAK
Iriswan1
Dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Indonesia Timur
Gunawan Syamsu2
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah lembaga pendidikan yang berkonsentrasi dalam bidang penghafalan al-Qur’an, yaitu Markaz Tahfidz al-Qur’an Ma’had al-Birr Andi Tonro Kabupaten Gowa. Di lembaga ini, kegiatan menghafal al-Qur’an menjadi program utama. Kendati demikian, para pembelajar yang kemudian disebut sebagai santri mengalami kendala dalam mengulang (muraja’ah) dan menjaga hafalan yang telah mereka hafalkan. Hingga ketika mereka menerapkan model muraja’ah sima’an intensif, testimoni dari beberapa santri bahwa dengan model muraja‘ah seperti ini dapat membantu dan memudahkan mereka untuk menjaga hafalan. Hal itulah yang menarik kami untuk melakukan penelitian ini.
IMPLEMENTASI MODEL MURAJA‘AH SIMA‘AN INTENSIF DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI
ABSTRAK
Iriswan1
Dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Indonesia Timur
Gunawan Syamsu2
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah lembaga pendidikan yang berkonsentrasi dalam bidang penghafalan al-Qur’an, yaitu Markaz Tahfidz al-Qur’an Ma’had al-Birr Andi Tonro Kabupaten Gowa. Di lembaga ini, kegiatan menghafal al-Qur’an menjadi program utama. Kendati demikian, para pembelajar yang kemudian disebut sebagai santri mengalami kendala dalam mengulang (muraja’ah) dan menjaga hafalan yang telah mereka hafalkan. Hingga ketika mereka menerapkan model muraja’ah sima’an intensif, testimoni dari beberapa santri bahwa dengan model muraja‘ah seperti ini dapat membantu dan memudahkan mereka untuk menjaga hafalan. Hal itulah yang menarik kami untuk melakukan penelitian ini.