the application of traitional games in improving gross motor skills in children at TK. Sahabat GOwa
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan motorik kasar anak adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar otot yang dipengaruhi oleh kematangan diri. Pembinaan pengembangan motorik disini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan aspek motorik secara optimal dan dapat merangsang perkembangan otak peserta didik. Pengembangan aspek motorik bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol dan melakukan koordinasi gerak tubuh, serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat dan terampil. rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak di TK Sahabat Anugrah Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif. Dengan metode penelitian tindakan kelas dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik kasar anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Sahabat Anugrah Kabupaten Gowa telah mengalami peningkatan melalui permainan tradisional. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan permainan tradisional gasing, lompat tali, engklek, dan tikus dan kucing. Hal ini dapat dilihat dari siklus I dan Siklus II di mana keadaan saat masih melakukan observasi masih banyak anak yang perkembangan motorik kasar kurang. Dalam siklus I pertemuan I dan II memiliki keadaan yang sama yaitu 26% anak yang mampu melakukan kegiatan dengan baik sedangkan dalam siklus II pertemuan I menunjukkan 74% dan pertemuan II 89% anak yang mampu melakukan kegiatan dengan baik.
Kata Kunci :Permainan tradisional, Motorik Kasar, Anak TK