Penerapan Metode Password

Penerapan Metode Password Izin Masuk (PIM) Madarash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab

  • Syamsiar chia Syamsiar MTS Negeri 1 Makassar

Abstract

ABSTRAK

 

Meningkatkan kemampuan berbahasa Arab bagi peserta didik memerlukan   metode yang dapat menciptakan suasana lingkungan berbahasa Arab.Untuk menanggulangi hal   itu telah banyak metode maupun media yang cocok dan menarik untuk digunakan.salah satunya adalah penerapan metode  Posswerd Izin Masuk (PIM) Madrasah. Dengan menerapkan metode   ini, diharapkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik meningkat.dari  ulasan tersebut timbul pertanyaan, yaitu bagaimana penerapan metode Posswerd Izin Masuk (PIM) Madrasah , dan apakah metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan Peserta Didik MTsN I Kota Makassar

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas  (Class Action Research) sebanyak dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.  Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes,  catatan lapangan dan dokumentasi  yang langsung dilakukan dilapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas  VII-5MTsN I Kota Makassar.

Pembelajaran Bahasa Arab melalui metode Posswerd Izin Masuk (PIM) Madrasah mengalami peningkatan  kemampuan berbahasa peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase pada siklus II. Pada siklus  I persentase kemampuan berbahasa  sebesar  81,72% pada  siklus II meningkat menjadi  86,42%.   jadi  siklus II meningkat sebesar  50%. Upaya meningkatkan Kemampuan berahasa Arab dengan Metode Posswerd Izin Masuk (PIM) madrasah pada Siswa kelas VII -5 MTsN1 Kota Makassar  dinyatakan berhasil.

Published
2020-07-20
How to Cite
Syamsiar, S. (2020). Penerapan Metode Password. PENDAIS, 2(1), 35-52. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/764
Section
Articles