Penerapan Metode Password
Penerapan Metode Password Izin Masuk (PIM) Madarash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab
Abstract
ABSTRAK
Meningkatkan kemampuan berbahasa Arab bagi peserta didik memerlukan metode yang dapat menciptakan suasana lingkungan berbahasa Arab.Untuk menanggulangi hal itu telah banyak metode maupun media yang cocok dan menarik untuk digunakan.salah satunya adalah penerapan metode Posswerd Izin Masuk (PIM) Madrasah. Dengan menerapkan metode ini, diharapkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik meningkat.dari ulasan tersebut timbul pertanyaan, yaitu bagaimana penerapan metode Posswerd Izin Masuk (PIM) Madrasah , dan apakah metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan Peserta Didik MTsN I Kota Makassar
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi yang langsung dilakukan dilapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-5MTsN I Kota Makassar.
Pembelajaran Bahasa Arab melalui metode Posswerd Izin Masuk (PIM) Madrasah mengalami peningkatan kemampuan berbahasa peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase pada siklus II. Pada siklus I persentase kemampuan berbahasa sebesar 81,72% pada siklus II meningkat menjadi 86,42%. jadi siklus II meningkat sebesar 50%. Upaya meningkatkan Kemampuan berahasa Arab dengan Metode Posswerd Izin Masuk (PIM) madrasah pada Siswa kelas VII -5 MTsN1 Kota Makassar dinyatakan berhasil.