Strategi Guru

Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa

  • NURHAYATI NURHAYATI Universitas Indonesia Timur
  • Hasni AB Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

             

Disiplin berarti tertib, taat atau mengendalikan tingkah laku karakter ini perlu ditanamkan pada anak, agar anak tersebut biasa mengendalikan tingkah lakunya dan dapat mematuhi tata tertib yang ada. Selain itu dengan pembentukan karakter pada diri anak juga merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Dengan adanya disiplin kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan karakter disiplin ini akan dibawa hingga siswa besar. Rumusan Masalah pada  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana starategi guru dalam membangun kedisiplinan belajar pada siswa SDIT Al-Qalam dan bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam membentuk sikap disiplin pada siswa SDIT Al-Qalam.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif  dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, menganalisa data, kemudian penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru dalam membangun kedisiplinan siswa di SDIT Al Qalam dimulai dengan diadakan berbagai fasilitas yang diperlukan didalam ruang kelas agar siswa terbiasa berprilaku disiplin.(2) pelaksanaan strategi guru dalam membentuk sikap disiplin melalui pembelajaran yaitu dengan menggunakan keteladanan yaitu memberikan contoh keteladanan yang baik kepada siswa, dan pemberian sanksi yang mendidik,  serta memberian reward/hadiah bagi siswa yang berprestasi dan tidak melanggar tata tertib sekolah dan tata tertib kelas secara kualitatif sudah menunjukkan hasil dari proses pembelajaran melalui strategi pusat belajar dengan model yang diberikan guru.

Published
2020-07-28
How to Cite
NURHAYATI, N., & AB, H. (2020). Strategi Guru. PENDAIS, 2(1), 72-89. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/769
Section
Articles