PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

  • kasman yunus Universitas Indonesia Timur

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melaju begitu cepat, merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Oleh karena itu, para guru dituntut  untuk berupaya meningkatkan lagi kualitas tentang pengetahuan dan pengalaman serta kesadaran supaya melek terhadap teknologi informasi dan komunikasi, utamanya penggunaan multimedia dalam pembelajaran.Meskipun definisi multimedia masih belum jelas, namun secara sederhana, ia diartikam sebagai lebih dari satu media. Ia bisa berupa kombinasi antara teks, grafik, animasi, suara dan video. Apabila multimedia dihubungkan dengan kata pembelajaran, maka itu berarti pembelajaran yang didesain dengan menggunakan berbagai media secara bersamaan seperti teks, gambar (foto), film (video) dan lain sebagainya yang kesemuanya saling bersinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan sebelumnya. Apabila multimedia pembelajaran dipilih, dikembangkan dan digunakan secara tepat dan baik, maka akan memberi manfaat yang sangat besar bagi para guru dan siswa.Penngunaan multimedia dalam pembelajaran harus didasarkan kepada kreteria-kreteri antara lain: 1) Kesederhanaan,2) Kelengkapan bahan pembelajaran, 3) Komunikatif, 4) Dapat digunakan untuk belajar mandiri, 5) Dapat digunakan untuk belajar setahap demi setahap, 6) penggabungan beberapa jenis media, 7) Melalui multimedia, harus dapat mendorong secara terus-menerus untuk belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat belajar lebih lanjut.

Published
2021-03-01
How to Cite
yunus, kasman. (2021). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN. PENDAIS, 2(2), 137-148. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/938
Section
Articles