PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA-BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, dan sekaligus sebagai guru bahasa Arab di kelas VII-2 MTs Negeri I Makassar menggunakan metode yang berpusat pada guru. Kegiatan yang dilakukan guru hanya menjelaskan materi dan memberikan latihan sehingga pembelajaran terlihat monoton dan kurang menarik. Guru membacakan mufradat dan kemudian peserta didik mengikuti dan memberikan latihan tentang materi. Hal tersebut berdampak pada penguasaan kosa kata (mufradat) peserta didik berdasarkan nilai pra siklus dari 40 peserta didik yang tuntas 18 orang dan yang belum tuntas 22 orang 78,2%, dengan demikian dapat dikatakan bahwa penguasaan kosa kata peserta didik masih rendah. Salah satu pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran kosa kata adalah penulis mencoba untuk menerapkan model induktif kata bergambar yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan penguasaan kosa kata peserta didik. Dan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam dua siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata peserta didik meningkat setelah diterapkannya model induktif kata bergambar. Pada pra siklus penguasaan kosa kata peserta didik yang tuntas berjumlah 18 orang sedangkan yang tidak tuntas 22 orang pada siklus I mengalami peningkatan dari 40 peserta didik yang tuntas 30 (81,27%) orang dan yang tidak tuntas 10 orang, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dari 40 peserta didik yang tuntas 38 orang 86,42% yang belum tuntas 2 orang. Dengan demikian dapat diketahui hasil tes penguasaan kosa kata peserta didik kelas VII-2 mengalami peningkatan berdasarkan hasi pada siklus II. Dan berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model induktif kata bergambar dapat meningkatkan penguasaan kosa kata peserta didik kelas VII-2 MTs Negeri I Makassar