IMPLEMANTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI

  • hubaenah hubaenah Universitas Indonesia Timur

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Model pembelajaran Make a Match  (mencari pasangan) adalah merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat ditempuh untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1). Bagaimana implementasi model pembelajaran Make a Match Pada murid kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar? (2). Apa kelebihan dan kekurangan implemantasi model pembelajaran Make a Match?. (3). Apakah implementasi model pembelajaran Make a Match dapat meningkatakan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar?.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada pelajaran Pendidikan Agama Islam  yang dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setiap siklusnya dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yang terdiri dari 4 kali tindakan atau pembahasan materi dan satu kali pemberian tes. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan tes  berupa butir soal dan observasi selama pembelajaran berlangsung.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam  melalui model pembelajaran Make a Match.  skor nilai rata-rata yaitu 66,68 pada siklus I meningkat menjadi 81,40 pada siklus II. Juga terjadi peningkatan aktivitas belajar yang ditandai meningkatnya keaktifan belajar murid dalam proses pembelajaran yaitu dari 50,69% pada siklus I meningkat menjadi 87,33% pada siklus II.

Published
2021-03-02
How to Cite
hubaenah, hubaenah. (2021). IMPLEMANTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI. PENDAIS, 2(2), 219-247. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/990
Section
Articles