PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP PENERIMAAN BRAND CHOCOLICIOUS

  • Raidah Intizar Yusuf Universitas Islam Makassar
  • Fitriyana Abdullah
Keywords: komunikasi pemasaran terpadu, iklan media sosial, umkm

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT) terhadap penerimaan brand Chocolicious sebagai toko kue yang sedang melejit di Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, purposive sampling yang mencakup kriteria familiar dengan brand Chocolicious menjaring 160 responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian melalui uji regresi berganda menunjukkan bahwa KPT yang meliputi pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan iklan secara bersama-sama mempengaruhi 68,7 persen penerimaan brand Chocolicious, sementara dalam analisis koefisien menunjukkan bahwa hanya periklanan dan hubungan masyarakat yang berpengaruh secara signifikan pada penerimaan brand Chocolicious sehingga kedua hal ini patut dipertahankan dan mengevaluasi strategi KPT lainnya.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of.

Anar, A. P. (2018, Februari). Sempat Bersetru, Akhirnya Chef Juna Mengunjungi Toku Kue Coklat di Makassar. Dipetik Juli 2020, dari Rakyatku.com: http://hiburan.rakyatku.com/read/87503/2018/02/14/sempat-bersetru-akhirnya-chef-juna-mengunjungi-toku-kue-coklat-di-makassar

Armstrong, K. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Ayu Yuliani. (2019, November). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Dipetik Juli 2020, dari kominfo.go.id: https://kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media

Kartikasari, N. P. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi,, 3(2), 162-167 https://doi.org/10.14710/interaksi.3.2.162-167.

Keke, Y. (2015). Komunikasi pemasaran terpadu terhadap brand awareness. JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRANSPORTASI DAN LOGISTIK, 2(1).

Krussell, J. G., & Paramita, E. L. (20160. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dan Ekuitas Merek Alfamart. BENEFIT: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 27-42 https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2363.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajamen Pemasaran. Jilid I edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Keller, L.L. (1993). Conceptualising, measuring and managing customer based brand equity. Journal of Marketing. (57) 1:1-22.

Pertiwi, W. K. (2020, Februari). Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen. (R. K. Nistanto, Penyunting) Dipetik Juli 2020, dari Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2020/02/20/14090017/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-64-persen.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.
Published
2021-09-13
Section
Articles