EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ZOOM TERHADAP PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Zulfikar Marsiding universitas indonesia timur
Keywords: Keyword: Zoom, learning, the Covid-19 pandemic

Abstract

ABSTRACT

Online learning can shorten learning time and of course can save costs incurred by educational institutions. The success of distance learning does not only depend on the material or content presented by the educator, but on how the material is delivered, so that students can understand the material presented by the teacher. The learning model that can be done in elementary schools during the Covid-19 pandemic is distance learning, learning which ideally has interactivity between educators and students even though it is not in the same place, with video conferencing it will help the learning process carried out, because educators will be directly involved with students. Media zoom is one of the choices of learning media in the midst of the Covid-19 pandemic. This research will be conducted at SDN 117 Leppangeng. The objectives of this study are to determine the effectiveness of using zoom media for learning in the midst of the Covid-19 pandemic. The approach used in this research is qualitative.

 

Keyword: Zoom, learning, the Covid-19 pandemic

 

ABSTRAK

Pembelajaran melalui daring dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan tentu saja dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh lembaga pendidikan. Keberhasilan pembelajaran jarak jauh tidak hanya bergantung pada materi atau isi yang disajikan oleh pendidik, melainkan pada bagaimana proses penyampaian materi tersebut, agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Model pembelajaran yang dapat dilakukan pada sekolah dasar dimasa pandemi Covid-19 ini adalah pembelajaran jarak jauh, pembelajaran yang idealnya memiliki interaktifitas antara pendidik dan peserta didik walaupun tidak dalam satu tempat yang sama, dengan adanya video conference akan membantu proses pembelajaran yang dilakukan, karena pendidik akan terlibat langsung dengan peserta didik. Media zoom merupakan salah satu pilihan media pembelajaran di tengah pandemi covid-19.  Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 117 Leppangeng. Adapun tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media zoom terhadap pembelajaran di tengah pandemic covid-19 ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.

 

Keyword: Zoom, pembelajaran, pandemic Covid-19

References

Gikas dan Grant, 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18-26. http://dx.doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002.

Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Sandiwarno, 2016. Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Leraning guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO 8(2) 191. http ;//doi.org/10.22441/fifo.v812.i314.

Silahuddin, 2015. Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT ; Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1) 48-59. http;//doi.org/10.22373/crc.v1i1.310.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kaualitatif). Alfabeta.
Published
2021-02-28
Section
Articles