PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI DITINJAU DARI STRATEGI COPING YANG DI GUNAKAN PADA SISWA SMA NEGERI 17 MAKASSAR.

Main Article Content

Andi Resvi
Ancu Ancu

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan salah satu hal yang penting yang perlu diperhatikan dalam dunia pendidikan, sebab berpengaruh terhadap keberhasilan pelajar meraih prestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi ditinjau dari strategi coping yang digunakan pada siswa SMA Negeri 17 Makassar. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah: 1. Variabel bebas (X) : Strategi coping,2. Variabel terikat (Y) : Motivasi berprestasi, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah skala motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk melihat perbedaan motivasi berprestasi ditinjau dari penggunaan strategi coping, yakni Problem Focus Coping (PFC) dan Emotion Focus Coping (EFC) pada siswa SMA Negeri 17 Makassar, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang menggunakan PFC dan EFC. Siswa yang menggunakan PFC jauh lebih efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasinya, dibandingkan dengan siswa yang menggunkan EFC.

Article Details

Section
Articles