HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU MEMBELI SMARTPHONE PADA REMAJA
Main Article Content
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang hubungan kepercayaan diri dengan perilaku membeli smartphone pada remaja adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan perilaku membeli smartphone pada remaja. Variabel yang akan diuji dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel terikat (dependent variabel) dan variabel bebas (independent variabel). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara yang berjumlah 150 orang. sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara, yang berusia 17-18 tahun, serta memiliki smartphone dengan merek terkenal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa besarnya korelasi atau R antara kepercayaan diri remaja dengan perilaku membeli smartphone adalah signifikan dengan nilai R sebesar 0,285 dan nilai P sebesar 0,045 menunjukkan bahwa Ada hubungan positif antara kepercayaan diri remaja dengan perilaku membeli smartphone Semakin tinggi kepercayaan diri remaja maka semakin tinggi pula perilaku membeli smartphone pada remaja. Sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel tergantung sebesar 28,5%.