PENGARUH PERSEPSI BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MINAT SISWA DALAM MEMANFAATKAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MAKASSAR

Main Article Content

Agus Salim
Septiana Wulandari

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh persepsi bimbingan konseling terhadap minat siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi bimbingan konseling terhadap minat siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar .Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang akan diuji dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel terikat (dependent variabel) dan variabel bebas (independent variabel). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar yang berjumlah 360 siswa. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Proposional Stratified Sampling karena populasi pelajar SMP Negeri 18 Makassar terbagi menjadi beberapa kelas. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, sampel yang didapat berjumlah 189 siswa Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh persepsi bimbingan konseling terhadap minat siswa dalam memnfaatkan bimbingan konseling pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Makassar, besaran pengaruhnya 39% dan sisanya masih terdapat 61% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus peneliti.

Article Details

Section
Articles